malino-038.jpg

Jalur Darat Pelayanan Udara

August 9, 2015 0Bus Malam

Line mlng-jkt adalah rute panas yg byk pemain di dalamnya,seperti lorena-karina,kramat djati,PK,OBL,malino putra,GH,haryanto dll.Dari rute ini banyak PO yang berlomba-lomba untuk menarik peminat dari armada yang mumpungi hingga pelayanan crew yang memanjakan penumpang.

Setelah beberapa kali melihat situs-situs di internet tentang rute ini dan bertanya pada teman-teman bismania maupun bmc,banyak rekomendasi untuk mencoba armada terbaru dari OBL kalo gak salah dinamai kinglong berwarna dominan warna coklat.Dengan tidak ragu lagi akhirnya langsung telpon agen terdekat yaitu terminal bunder gresik karena lokasi saya berada di gresik.Langsung minta OBL dari malang ke jakarta,namun ternyata apes (hufth) tinggal 1 tempat duduk paling belakang samping toilet,kecewa?banget(kok ndengaren penuh ya padahal masih 1 hari lagi berangkatnya),gagal menyusuri pantura dengan mencoba mesin garapan cina tersebut.Akhirnya terpaksa berpindah haluan,cari PO lain yang kiranya mampu menjadi pelipur lara.hiks hiks (cepat milih nih,dikarenakan esoknya harus sampai ibukota karena ada sedikit pekerjaan).Ada PK dengan warna nano-nano namun uda pernah naik PK,ada KD tp juga dengan alasan yang sama,jeng!!! Jeng!!! Pilihan akhirnya jatuh ke si biru ombak laut malino putra kencana,alasan saya memilih PO ini karena pertama saya belum pernah nyobain ini PO,kedua embel-embelnya “jalur darat pelayanan udara”hohohohohoho.

news-7bPesanlah 1 tiket menuju ibukota, mungkin karena menghibur diriku yang agak kecewa karena gagal mencoba si kinglong si tukang agen yang juga teman dekat saya tetek mbengek ngowos sana ngowos sini selalu bilang kalo “malino juga bagus lo,bis nya baru-baru”dalam hati saya pun menjawab “baru dengkulmu bis aja kebanyakan masih makek 1521 “Tapi tak apalah, melihat di jalur ini malino sering jalan dengan skorking atau galaxinya.

Jam menunjukkan pkl 16.00(keesokan harinya),saya segera bergegas ke terminal mbunder gresik,menunggu dan berharap dapat skorking nya malino,sambil menunggu datangnya bis yang aku tumpangi,hunting dulu yuk di terminal tempat singgah bis-bis dari arah denpasar yang menuju pantura seperti semarang,jakartaan ini.Armada-armada seperti kinglong yang diharepin,kemudian ada GH 1626 jetbus HD yang berangkat 2 unit pada hari itu 1 dari malang 1 dari surabaya,kumpulan lorena berbagai body hingga PK,KD,haryanto,tiara mas,langsung indah,rasa sayang,jaya utama,indonesia,dll mulai meramaikan terminal ini.Setengah 5 sore pas gak kurang gak lebih (mungkin gak macet) bis yang aku tunggu-tunggu masuk terminal mbunder,dan ternyata memang benar yang bakal saya tumpangi adalah skorkingnya malino, dapat dipastikan itu tunggangan saya karena PO yang saya pilih buat ke jakarta ini hanya memberangkatkan 1 armada untuk tujuan malang-jakarta setiap harinya(kalo ramai biasanya bisa 2 unit).Berbalut skorking tentrem dengan livery khas biru laut yang masih mulus bernomor lambung(bukan rosin lo!) P16 walaupun masih berchasis 1521.Mungkin bis ini emang benar harus dicoba.Mengingat PO ini kebanyakan hanya memakai mesin OH 1521 di hampir semua armadanya.

news-7aDari terminal mbunder ternyata hanya mengangkut 1 penumpang yaitu cuma saya,hehehehe…5 menit kemudian bis lagsung cauww keluar terminal.Duduk di seat no 17,tolah toleh gak bisa lihat bis ini berlenggak lenggok dong(hahahaha),Agak lama kewa kewe,melihat semua penumpang dapat snack la saya kok gk dapat?berjalanlah saya ke kondekturnya minta snack dan dikasih,horeeee buat ngganjel ni perut(elit snacknya ketimbang PO-PO lain lo

.Kemudian saya lihat seat no 2 kosong gak ada yg nempati (entah gak ada apa belum ada) akhirnya saya bilang ke kondektur P16 ini untuk pindah ke seat no 2,dan kondektur menjawab “oh iya mas” Nama kondekturnya yaitu bang pardi(orang sunda nih ketahuan dari logatnya).(kenalan dulu biar kenal).Muda,bersih,kurus dan selalu memakai topi (tiap ketemu mesti melambaikan tangan dengan memakai topi,gak di rawamangun,gak di pom mbunder,gak di mbungurasih)hmmm.dan satu lagi untuk bang pardi yaitu digandrungi banyak wanita yang menjaga agen itulah bang pardi,wwwasyeeeekkkk!!!!Saya bisa bilang bagitu karena apa???karena tiap ngambil penumpang dari terminal mbunder hingga tuban beliau selalu mendapat kotakan(entah apa isinya).Selalu terdengar dari setiap wanita penjaga agen selalu bilang”ni buat di jalan bang biar gak kelaperan”(kenyang-kenyang deh).

Pindahlah saya ke hotseat,wkwkwkwkwkwkwk.Setelah beberapa kali memperhatikan interior bis,bis ini terkesan rebody,rebody yang mengikuti jaman dan bisa dibilang jempol,karena sudah terlihat modern dengan dasboard dari kayu,dan lampu led di lantai dan atap layaknya skorking pada umumnya yang sudah memakai mesin baru.

Dari kondektur geser sedikit ke driver,driver pinggir P16 ini berbadan gemuk berkacamata dan bisa dibilang tua.Cara membawa bis alus dan santai (“ngeong,alamat nelen ludah sering-sering kalo gini”ucapku dalam hati),tidak lupa pakek jas dan dasi (ciri khas PO ini)

Selepas terminal terjadi kemacetan panjang(udah biasa bos) sopir ini tidak tipe sopir yang nyelonong boy.tetep kalem di jalur aman yaitu ngantri.ngung!!Jaya utama body nucleus ngambil jalur lawan dengan PD(dalam hati “widih keren nih sopirnya”).

news-7cMasuk lamongan,tet tet!dari kanan PK nano-nano 1526 mlng-jkt ngintip-ngintip dan sopir P16 ini langsung memberi jalan mulus (monggo mas) tanpa ampun langsung di asepin (nyesek), tak apalah mesin emang kalah jauh,relaaaa! sampai di stadion surajaya giliran di asepin sodara mudanya PK tadi, kali ini jetbus nano-nano 1626 airsus mlg-jkt (ngenes) lagi-lagi sang sopir memberi jalan mulus.Masuk tuban diasepin (terus) langsung 2 bis,di asepin KD travego smile RK mlng-bndng dan PK jetbus nano-nano 1526 dengan lampu sein belakang warna biru mlng-bndung bis(haduh).Kedua bis ini melaju saling men take over 1 sama lain.namun kedigdayaan RK KD ini lungsur oleh 1626 PK(jossss) tak lama kemudian sopir ini mampu membalikkan kedudukan,mampu mbolongi KD RK tadi,nguntit deh dibelakang PK 1626.

Masih disekitaran tuban malah lebih mengejutkan ternyata,di take over ama bis patas jaya utama.(hmmm,tarik nafas dalam-dalam).Rupanya bang pardi mengetahui kalo aku ternyata tidak bisa duduk dengan tenang karena beberapa kali “mrengut” diblong beberapa bis.Bang pardi pun menghampiriku dan bilang”nanti mas driver yang asli sambil tersenyum”

Sein kiri dinyalakan disusul lampu interior dinyalakan,masuklah pelataran RM taman sari tuban.Di RM ini terlihat juga tadi GH 1626 yang start duluan dari mbunder uda parkir duluan.Apapun bis yg service makannya di RM taman sari ini pasti dijamin untuk kelezatan makanannya gk diragukan lagi.

Hap hap hap habis 1 piring dalam 5 menit(bukan habis ngengkol becak lo y tapi laper karena sering menghela nafas dalam-dalam di asepin terus) Setelah kenyang,barulah saya hunting bis yang nangkring di taman sari,kali ini cuma ada 1 GH 1626 airsus jetbusHD adiputro,(biasanya ada juga lorena tapi kali ini gak nemu) kemudian berjalan ke sebelah taman sari nampak RM PK,banyak nangkring PK dari maduraan dan malang hingga denpasar disini.

Tet tet!tanda bis akan melanjutkan perjalanan kembali.Pergantian driver terjadi,kata bang pardi”ni sopir aslinya” badannya gemuk dan bermuka agak garang.menurutku cara membawa bis ini gak terlalu ngeblong sih,tapi gak terlalu pelan juga.Sopir tengah yang ini lebih berani nyalain sein kanan gak kayak sopir pinggir tadi.Sangat alus mengemudikan 1521 ini anteng dan bikin tidur gak sering kebangun.Namun tetap gak kayak keong dunk pastinya.

news-7dSelepas RM taman sari bang pardi langsung duduk disamping saya yang saat itu kebetulan juga kosong sembari membawa beberapa pilihan kaset film untuk diputar.”mau film yang mana mas?tanya bang ardi,(eh busyet ane disuruh milih,asyeeekk) “ini aja bang”film expendable 1 pilihanku(maaf ya buat penumpang lain harus nurut ane filmnya).pilihan kasetnya ada beberapa film seperti expendable 1 dan 2,hancoock,treasure national,007 dan matrix.Sepanjang jalan gak nemuin kendaraan yg berbentuk bis sama sekali hanya banyak kendaraan pribadi dan truk-truk besar yang panjang,tidak kesulitan melayap mobil-mobil dan truk besar dan panjang bagi sopir tengah ini.Yaudah pasang lebar-lebar selimut dan letakkan bantal untuk kepala dan siap nonton film dulu layaknya nonton di kamar sendiri,duduk di depan sendiri pula jadi suara filmnya terdengar sangat jelas ketimbang yang duduk di tengah maupun belakang.hohohoho.expendable 1 kelar lanjut expendable 2 diputer namun mata sudah tidak bisa berkoordinasi dengan baik berarti waktunya merebahkan diri sejenak karena dijalanan gak ada yang bisa dilihat kecuali truk-truk besar yang melintas.sliyuttt sudah di alam mimpi(nggrrroooooookkkk!!!!)

Entah berapa jam saya tertidur,bangun-bangun tv sudah mati dan suasana dalam bis sunyi,hanya suara mesin dan dengkuran beberap penumpang yang kelelahan karena perjalanan.Lihat kanan dan kiri sebentar sambil menggenapkan nyawa,ternyata sudah masuk tol semarang.Disini semua mulai hidup dan ramai balapan liar,wowowowowowo.Lancar dan tidak macet tiba-tiba wuzzz (eh busyet bikin kaget) dari kiri shantika jetbusHD dengan tulisan “elegant” di kaca depan dengan mudah melewati 1521 ini dan langsung menghilang tanpa jejak.Tak lama kemudian take over manis ditunjukkan Nusantara HS 007 jetbusHD RK8 kepada 1521 yang saya tumpangi dan tak mau kalah NS 04 irizar scania 360 menguntit dibelakang HS 007, keduanya lagnsung ilang entah kemana,tak mau jadi bulan-bulanan 1521 ini mampu melibas ramayana penari setra dengan kulernya,ngunggggg!Raya SR1 1521 menjadi korban berikutnya.Masuk gringsing waktunya menyejukkan mata dengan melihat lampu led bis-bis malam yang sedang rehat di rumah makan sekitaran gringsing.Memasuki tanjakan plelen 1521 ini mampu menguntit gajah mungkur body proteus yang sama-sama memakai 1521 namun karena tanjakan akhirnya gak bisa ngasepin GM tsb malah jalan pelan beriringan kayak pawai.hmmm.Ngeden mesin mulai menderu menapaki tanjakan ini.tet tet!! Kedua bis ini malah di salip enak-enakan sama bejeu skorking rkjoss,mungkin mesin hino rkjossnya sambil menertawakan mesin kami yang ngos ngosan melahap tanjakan ini,hahahahaha

news-7eMemasuki pemalang enak-enak beradu speed dengan para jagoan pantura, eh malah nyalain sein kiri dan berjalan pelan layaknya mobil yang sedang trouble,tak lama kemudian menyalakan kedua sein tanda darurat untuk mobil.Mobil dipacu pelan kemudian diliuk-liukkan dan sebentar di gas dan sebentar di rem,”kenapa bang?”tanya bang pardi ke sopir tengah ini.Sang sopir pilih diam dan mencoba mencari terus mana yang trouble dan mencoba mengetahui  apa yang dirasakannya tidak enak pada kondisi bis ini.tak lama kemudian bis berhenti di pinggir jalan dan sopir bilang ke bang pardi untuk memeriksa bagian bawah bis pada bagian gas.Dengan cepat bang pardi tanggap dengan omongan sang sopir dan langsung melepas pakaian kemeja ala malino dan hanya mengenakan kaos kutang dan membawa beberapa alat untuk digunakan membenarkan apa yang trouble.Ketika semua penumpang terlelap,turunlah aku membantu bang pardi yang sibuk ketika itu(padahal gak ngerti mesin).15 menit klutak klutik di bawah bis,entah apa yang dibenarkan,hehehehe.akhirnya selesai sudah dan bang pardi kembali mengenakan pakaian kemejanya dan membersihkan tangannya yang kotor karena oli.”kenapa bang?”tanyaku(gak ngerti mesin tapi sok tanya,hahahahaha).”itu gasnya kalo diinjek gak mau nyantol”jawab bang pardi.”owalah,uda selesai bang?”tanyaku kembali.”uda mas sip”balas bang pardi.

Perjalanan pun dilajutkan kembali,tak lama kemudian ngantuk mulai mendekati saya dan hoaaammmmm tidur lagi(terpaksa).Suasana gaduh membuat saya terbangun dan melihat sekitar(sambil mata kriyep kriyep mencoba membuka mata), bis sudah masuk pom langganan PO ini.Beberapa PO ini berkumpul disini untuk mengisi solar dan ternyata cecker penumpang dilakukan juga disini (kalo PO lain biasanya di RM sekitar gringsing kalo gak ya di terminal pekalongan atau pemalang).turunlah saya sambil ngobrol dikit dengan bang pardi.”Gak rest di RM lagi bang?diantara banyak dari pertanyaanku ke bang pardi.”enggak mas disini rest yang kedua”jawab bang pardi.Mengetahui jawaban bang pardi saya langsung bergegas membuka snack dan kumakan,kan tadi belum kumakan,hehehe.sreeett pop mie ukuran mini kubuka dan sembari berjalan ke belakang bis samping toilet disitu ada smooking room yang ada teko ajaibnya,eh buka dispenser.Bikin deh pop mie dulu buat ngganjel perut.

Sekitar 20 menitan bis rest di pom daerah pamanukan.Setelah itu bis kembali melanjutkan perjalanan dan nakoda kembali beralih ke driver pinggir yang bawa bis ini dari mbunder tadi.(hadewh alamat wes!!!)dalam hatiku menggerutu.(tau sendiri kan pembaca gimana tadi perjalanan bareng driver pinggir ini)hufthhhhh. Kalo driver ini dibuat melek malah bikin sakit hati berhubung bawaknya kalem dan santai, dibuat tidur aja pasti nyenyak.tarik lagi selimut dan melungker.ssssttt!!!!!

Tet tet!!klakson bis membangunkanku dari tidur,lagi-lagi melihat sekitar,ternyata sudah memasuki gerbang tol cikampek dan jam sudah menunjukkan pukul 6 pagi.Di tol ini bis ini dipacu santai.Sambil menikmati perjalanan,tiba-tiba bang pardi “ayo bikin kopi atau pop mie lagi,sarapan sarapan”dengan semangatnya bang pardi mengajakku.kuikutilah bang pardi ke belakang bis yang ternyata banyak menyimpan snack-snack yang masih tersisa.hehehe.bikin deh kopi dan pop mie itung-itung buat sarapan (ngirit).hehehehe.masuk tol dalam kota macet dimana-mana.beberap bis terpantau dalam kemacetan seperti haryanto netral rk8, metropolitan parwis 1526, lorena new setra kuler, hingga sandy putra bumel AK  jember-jkt(eh eh gimana tuh rasanya naik itu bis sampai jkt).turun di terminal ramawangun jam 9 pagi(wajarlah kalo macet,dan tidak terlalu molor-molor banget).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fake panerai watches replica montblanc replica montblanc watches

best replica watches